BUMN Ajak UMKM Kriya untuk Terus Berkarya

BUMN Ajak UMKM Kriya untuk Terus Berkarya

BUMN
BUMN Ajak UMKM Kriya untuk Terus Berkarya

GlobalNews – Kementerian BUMN ulang tunjukkan komitmennya di dalam membantu perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan meluncurkan Bazar UMKM untuk Indonesia. Mengusung tema ‘BerKRIYAsi’, bazar yang dilaksanakan pada Oktober 2024 ini bertujuan beri tambahan peluang bagi UMKM di sektor kriya untuk mempromosikan dan menambah penjualan product mereka. Selain itu, BerKRIYAsi termasuk mengusahakan memelihara keaslian normalitas dan seni kerajinan tangan Indonesia melalui produk-produk etnik yang menawan dan inspiratif.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sarinah Jakarta pada 17-20 Oktober 2024 dan Trans Studio Mall Makassar, 24-27 Oktober 2024 ini, di dukung oleh enam BUMN Penyelenggara, yakni Pegadaian, Bank BTN, Perusahaan Gas Negara, SIG, Angkasa Pura Indonesia, dan Biro Klasifikasi Indonesia. BerKRIYAsi diikuti oleh kurang lebih 150 UMKM binaan BUMN, yang menampilkan beraneka ragam product kriya unggulan. Di antaranya terdiri berasal dari beraneka produk, utamanya kriya home decoration, aksesories (wearables), serta beraneka product kerajinan tangan yang inovatif dan kreatif lainnya.

Bazar product UMKM BerKRIYAsi dibuka untuk lazim sejak tanggal 17 Oktober 2024 di Lantai Dasar Sarinah Jakarta. Opening Ceremony BerKriyasi dilangsungkan pada hari Jumat (18/10) di Sarinah, Jakarta oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting dengan pimpinan berasal dari keenam BUMN Penyelenggara, Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah, serta Kepala Dinas PPUKM, Elisabeth Ratu Rante Allo.

Dalam sambutannya, Loto Srinaita Ginting menyampaikan bahwa pelaksanaan Bazar UMKM untuk Indonesia ini bersamaan dengan wejangan Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir serta Bapak Presiden, bahwa BUMN perlu melibatkan UMKM di di dalam pengadaan barang dan jasa di BUMN.

Sepanjang th. 2024, Kementerian BUMN telah berencana 12 aktivitas Bazar UMKM untuk Indonesia secara tematik di 7 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Labuan Bajo. Sebagai urutan penutup, pada bulan November 2024 nanti, Bazar UMKM untuk Indonesia dapat diselenggarakan di Labuan Bajo dan Jakarta.

Seluruh transaksi yang berjalan di dalam Bazar UMKM untuk Indonesia dilaksanakan melalui Platform PaDi UMKM yang dibangun oleh Kementerian BUMN dengan BUMN sejak th. 2020.

“Jumlah transaksi di dalam delapan bazar yang telah diselenggarakan sejak awal th. 2024, tercatat menggapai kurang lebih Rp 95 miliar. Selain itu, berdasarkan knowledge yang tercatat melalui PaDi UMKM, kuantitas membeli product di dalam negeri BUMN sejak Januari hingga September 2024 tercatat sebanyak Rp 726,4 triliun. Sementara kuantitas membeli BUMN pada UMKM tercatat sebanyak Rp 47 triliun atau hanya kurang lebih 6% berasal dari kuantitas membeli PDN BUMN. “Artinya ke depan masih terdapat ruang yang cukup besar bagi BUMN untuk menambah membeli kepada UMKM,” ujar Loto.

Selain bazar product UMKM, BerKRIYAsi termasuk disemarakkan dengan banyak ragam aktivitas lain, di antaranya creative competition, talkshow, workshop, serta sebagian acara hiburan layaknya performance live music dan guest star performance. Rangkaian aktivitas opening ceremony BerKRIYAsi turut dihadiri oleh Direksi BUMN Penyelenggara dan dimeriahkan oleh penampilan special Trio Violinist yang dibarengi oleh koreografi yang selaras. Rangkaian aktivitas BerKRIYAsi di Jakarta dapat ditutup pada hari Jumat ini dengan penampilan bintang tamu, Juicy Lucy yang dapat dilangsungkan pada pukul 19.00 WIB di Anjungan Sarinah.

Pernyataan Direksi BUMN Penyelenggara

Direktur Utama Pegadaian, Damar Latri Setiawan, menyampaikan, hadirnya Pegadaian dan BUMN Penyelenggara lain di sini menjadi wujud bantuan pada UMKM di Indonesia. Tidak hanya untuk memperkenalkan produk-produk memiliki kualitas berasal dari UMKM binaan, namun ini termasuk menjadi keliru satu langkah untuk mendorong UMKM untuk konsisten naik kelas. “Masyarakat termasuk sanggup dengan gampang bertransaksi online melalui PaDi UMKM. Kami percaya product UMKM berpotensi besar dan kedepannya sanggup beradu di pasar nasional maupun internasional,” ujarnya.

Hal yang sama termasuk disampaikan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Nixon LP Napitupulu. Nixon menyampaikan bahwa perseroan konsisten mengusahakan membantu pengembangan UMKM baik melalui penyediaan pembiayaan, pembinaan, maupun wadah untuk promosi. “Sebagai BUMN, BTN konsisten berkomitmen untuk beri tambahan bantuan yang komprehensif bagi UMKM untuk maju agar sanggup turut membantu perkembangan ekonomi nasional,” ujar Nixon.

Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), Donny Arsal mengatakan, SIG berkelanjutan beri tambahan pendampingan secara menyeluruh bagi pegiat UMKM agar sanggup menggerakkan usaha secara profesional dengan manajerial yang baik dan sanggup memaksimalkan pemasaran dan penjualan dengan gunakan teknologi digital. Dengan demikian, UMKM diharapkan sanggup naik kelas, serta konsisten maju dan berkembang. “Melibatkan UMKM di dalam beraneka pameran perlu untuk menambah pengalaman dan memperluas jaringan pemasaran produknya, agar ke depan memicu product UMKM sanggup beradu di level nasional lebih-lebih global, serta berkontribusi di dalam perkembangan dan pemerataan ekonomi di Indonesia,” kata Donny Arsal.

Sedangkan Direktur Human Capital PT Angkasa Pura Indonesia, Achmad Syahir menyatakan bahwa pihaknya selamanya berkomitmen untuk mendorong perkembangan dan pengembangan UMKM di Indonesia. “Kami berharap, melalui penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia sanggup berikan kegunaan positif bagi para pelaku usaha UMKM untuk sanggup mengembangkan usahanya, serta menjadi keliru satu medium untuk mendorong sektor UMKM untuk sanggup naik kelas. InJourney Airports tidak hanya berkomitmen untuk beri tambahan layanan sempurna kepada pengguna jasa bandara saja, namun kita berharap keberadaan kita sanggup berikan kegunaan kepada masyarakat lazim secara luas, keliru satunya adalah sektor UMKM,” ujar Achmad Syahir.

Direktur Hubungan Kelembagaan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Andry Tanudjaja mengatakan, bahwa BKI selamanya membantu UMKM di dalam memperluas pemasaran product agar sanggup mendorong perkembangan ekonomi Indonesia. “BKI sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei berkomitmen untuk membantu perkembangan UMKM secara berkelanjutan. Acara TJSL Bazar UMKM ini adalah wujud nyata komitmen kita di dalam membantu perkembangan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan pelaku UMKM. Sebagaimana termasuk peran berasal dari TIC di dalam memajukan perkembangan Perekonomian, kita percaya bahwa melalui kolaborasi dan sinergi dengan para mitra, kita sanggup menciptakan peluang yang lebih luas bagi pengembangan usaha kecil dan menengah, agar sanggup beri tambahan pengaruh positif bagi kesejahteraan masyarakat. Mari bersama-sama kita dukung dan apresiasi produk-produk lokal yang penuh inovasi dan kreatifitas,” ujar Andry Tanudjaja.

Leave a Reply

GlobalNews