Puan Duduki Kembali Kursi Ketua DPR

Puan Duduki Kembali Kursi Ketua DPR

Puan
Puan Duduki Kembali Kursi Ketua DPR

GlobalNews, Puan – Ketua DPR Puan Maharani membetulkan informasi bahwa dirinya dapat kembali memimpin DPR RI untuk periode 2024-2029.

“Amin, insya allah,” kata Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Puan mengaku siap untuk kembali jadi Ketua Parlemen dan menyebut hal itu sebetulnya sudah diputuskan partai. “Insya Allah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah memastikan, Ketua DPR RI periode 2024-2029 yang merupakan jatah PDIP sebagai peraih kursi DPR RI terbanyak di Pileg 2024 adalah Puan Maharani.

“Insyaallah kalau dari PDI Perjuangan final calonnya tunggal Ibu Puan Maharani,” kata Said Abdullah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Said memastikan ketetapan Fraksi PDIP DPR mengenai Ketua DPR sudah final. “Sudah selesai, final,” ujarnya.

Sementara mengenai penentuan pimpinan MPR utusan Fraksi PDIP masih belum diputuskan.

“Pimpinan MPR dari PDIP masih digodok,” ujarnya.

Tak Ada Perubahan Ketentuan

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan, tidak tersedia pergantian ketetapan penyusunan formasi pimpinan DPR periode 2024-2029.

Ia menyatakan, formasi pimpinan DPR dapat selalu mengikuti Undang-Undang (UU) MPR/DPR/DPD/DPRD (MD3).

“Kita sudah sama-sama jelas bahwa didalam periode ini tidak tersedia pergantian UU MD3 sehingga pimpinan DPR tentu saja mengacu terhadap UU MD3 yang masih berlaku terhadap kala ini,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Menurut Dasco, ketua DPR periode sesudah itu selalu berasal partai politik (parpol) pemenang Pileg 2024 yaitu PDI Perjuangan.

Sementara kursi wakil ketua DPR, dapat tersedia 4 wakil yang beras dari partai cocok urutan suara terbanyak.

“Ya tentu saja kalau menyaksikan UU MD3 paket pimpinan itu sudah diatur bersama dengan ketetapan paket pimpinan pemenang satu, kedua, ketiga, keempat dan kelima yang nanti dapat diusulkan oleh masing-masing fraksi nama-namanya dan langsung ditetapkan,” ujar Dasco.

GlobalNews